Mengenal Lembaga Keuangan Mikro
Lembaga Keuangan Mikro yang biasa disingkat LKM adalah lembaga keuangan yang khusus didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, baik melalui pinjaman atau pembiayaan dalam usaha skala mikro kepada anggota dan masyarakat, pengelolaan simpanan, maupun pemberian jasa konsultasi pengembangan usaha yang tidak semata-mata mencari keuntungan.
PT LKM Bogor berdiri pada tanggal 23 November 2015, berdasarkan Akta Notaris No. 23 dan telah disyahkan oleh MENKUMHAM Nomor: AHU-2467841.AH. 01.01 Tahun 2015 tentang pengesahan pendirian badan hukum perseroan terbatas PT Lembaga Keuangan Mikro Bogor. Terbentuknya PT LKM Bogor adalah adanya penggabungan usaha atau konsolidasi dari 13 PD. PK menjadi PD. PK Bogor yang didirikan oleh Perda Provinsi Jawa Barat No. 14 Tahun 2006 dan merupakan Perda perubahan dari perda-perda provinsi sebelumnya (tentang LPK).
Perubahan bentuk hukum Perusahaan Daerah Perkreditan Rakyat Kecamatan hasil konsolidasi atau merger menjadi Perseroan Terbatas Lembaga Keuangan Mikro ini telah mendapat legalitas hukum berupa Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 7 Tahun 2015, dan merupakan tindak lanjut adanya UU Nomor 1 tahun 2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro yang berisi diantaranya Lembaga Keuangan Mikro yang telah berdiri dan telah beroperasi sebelum berlakunya Undang-Undang LKM, serta belum mendapatkan izin usaha berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, wajib memperoleh izin usaha melalui pengukuhan sebagai LKM kepada OJK paling lambat tanggal 8 Januari 2016, berbadan hukum PT atau Koperasi.